life’s a game, play with us.

Beberapa hari yang lalu, aku mengunjungi seorang sahabat yg baru saja melahirkan putra keduanya. Dia seorang ibu yang bekerja dari rumah, bahasa kerennya mompreneur gitu lah. Tidak terikat jam kantor, tapi ternyata tidak bebas juga.

Lalu dia selewat bertanya, “lo ngapain aja kl dirumah berduaan doang sm bayi? Ga bosen apa?”.

I just can’t stop thinking about that question.

Hmm let me see..

Hampir tiap hari aku bangun jam 4, menyiapkan bekal makan siang suamiku di kantor.

Setelahnya aku dan suami biasanya punya beberapa menit u/ main bersama bayi yang baru bangun.

image

Jam 5 lewat sedikit, berangkat mengantar suamiku menuju shuttle bus nya .. lalu aku dan banyu akan mampir di tukang sayur sembari pulang.

Jam 7 aku akan memandikan banyu, lalu kami bermain sampai dia tertidur. Main apa sih sm bayi gt? I talked to him, we chit chat, we laugh together, we do things together, we see our plants, or sometimes little animals in our soil.. hal2 “membosankan” semacam itulah. Lalu jika dia sudah tertidur, aku akan memotong kukunya, membersihkan hidungnya, membelai2 kaki dan punggungnya.

Oh i do my things too, i use my social media a lot, wasapan sana sini, jualan sepre waterproof (dan lain lain) online, kadang aku bs ikut tidur kalau banyu tidur agak lama, kadang aku ambil tawaran praktek dg syarat bisa bawa banyu.

Banyu akan tidur berkali-kali, dan bangun berkali-kali, dan kami akan memainkan permainan yg sama berkali-kali, dan mengulanginya lagi esok hari berkali-kali.

Apakah aku, sbg orang dewasa tidak bosan? Tidak. I can’t rewind his childhood, so i’m trying my best to make every moment in his life (and my life as a mom) special.

Do i miss my carrier and social life? Maybe. They can wait, but my kid won’t. They don’t need me, but my kid does. I can still do tons of things, inside and outside home, with my kid.

Tidak ada anak yang minta dilahirkan, mereka hanya minta dicintai sepenuh hati.

Your kid will grow up super fast, so enjoy every boring moment with them.

I know i’m not the best wife, i’m not the best mom, i’m not the best cook, i’m not the best keeper.. but i know i’m trying my best to do my part in my family.

Hari keseratus

Grief comes in its own time for everyone.. in its own way. The best we can do is try to let ourselves feel it when it comes.

It’s getting better here, i hope it’s better there too.
Senobanyu will love you along the way.

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

New pain new gain

“Being a mother is learning about strengths you didn’t know you had.. and dealing with fears you didn’t know existed,”  Linda Wooten

image

Mungkin kalimat diatas termasuk ketika para working mommies whose been working their asses off their entire life, considering resign to anything that somehow tied them.

Resign hampir tidak pernah mudah, so they said.. yang dalam kasus saya melibatkan diare 2 minggu~ um, mungkin lebih.

Tentu awalnya adalah “how bad i need this job?”. Lalu “how good i am in this?”. Bisa berlanjut “do i really have to do this?”.. “did i really like it love it enjoy it, all my time in here?”

I got senobanyu now, and i might not be the best mom in the world..
And i got some good opportunities out there.

But then again i think, i was just had him for about 3 months or so.. and he grows super fast. i might missed outside world, but for him i am his only world.

Oh and i don’t really enjoyed what i’m doing though it’s a good easy money.
I don’t like hearing people talking craps.

When you get sick,
Do you do what you’re supposed to do and take your medicine?
Or do you learn to live with the thing and hope someday it goes away?
Or do you just give up entirely and let it kill you?

I’m not the third.

So here i am. Unemployed. For the first time in my life after med school.
But hey, as a human.. you can be unemployed, but you’ll never be jobless.

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Better place

Setiap kali aku memandang bayiku, aku akan selalu mengingat ibu mertuaku yang meninggalkan kami tepat disaat senobanyu berusia satu bulan.

setiap kali itu, selalu ada rasa perih.. karena aku tau senobanyu akan menjadi pelipur laranya, harapannya akan satu lagi cinta yang tulus tanpa praduga, akan jadi alasannya untuk tersenyum bahagia..

Senobanyu belum punya foto bersama nenek.
Senobanyu belum pernah merasakan hangatnya dekapan nenek.
Terlalu banyak yang kami sesali.

Maafkan kami yang mungkin tidak bisa memahami di saat-saat terlemahmu. Terima kasih sudah menjadi ibu mertua yang begitu lembut dan penyayang. I couldn’t ask for a better mother in law.

Satu yang membuatku tenang, In shaa Allah sekarang tempatmu lebih baik ya, bu..

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Playdate

Play date or playdate is an expression primarily used in the US for an arranged appointment for children to get together for a few hours to play.[wikipedia]

Weekend kemarin, kami bermalam di hotel bersama satu keluarga lain teman kantor romo yang juga membawa bayinya. Jadi senobanyu bisa agak-agak playdate lah yaa, meski senobanyu masih kekecilan (2.5 bulan), dan karena umumnya bayi lain yg lebih besar juga motorik halusnya belum berkembang.. jadi lah senobanyu korban “kegemesan” kakak-kakak bayi.

Selama ini sih menurut kami, senobanyu bukan bayi rewel. Dia kadang menangis kalau tidak nyaman, atau lapar. Kayaknya wajar aja, kan belum bisa bicara..bagaimana lagi dia berekspresi kalau bukan menangis. Dan senobanyu ini paling suka kalau digendong dengan kepala menghadap ke belakang melewati bahu sang penggendong, lagi-lagi kami anggap wajar saja karena dia kan belum bisa bergerak leluasa tapi penasaran indera-nya sedang berkembang pesat ingin explore segala hal.

image

Kemarin, teman bayi (9 bulan) senobanyu itu super tenang. Hampir tidak pernah menangis, jarang banget digendong, anteng aja di stroller. Senobanyu kebetulan memang jarang di stroller karena lebih praktis pake gendongan dan terasa lebih dekat (ortu posesif ^^). Karena partner bayinya super cool, sedikit banyak ibu& romonya senobanyu jd bingung apakah jangan-jangan sebenarnya senobanyu bayi rewel y? Kok bayi satunya gak minta apa2 ya? Apa ada pola asuh kita yang kurang ya? Dst.. hahahaha, seru juga sih, padahal ya senobanyu nangis saat lapar minta ASI, kan bayi 9 bulan bisa sambil disuapin di jam makannya; atau orang dewasa pada ngobrol dan ga ada yang nemenin dia, sedangkan si bayi 9 bulan sudah bisa fokus dg mainannya. Beberapa kali senobanyu playdate dengan bayi lain juga kayaknya pada nangis-nangis aja kerjanya deh para bayi itu, malah lebih-lebih dari senobanyu.

hari itu kami belajar lagi, pentingnya sosialisasi dan melihat manusia lain.. agar kita belajar menerima kekurangan anak kita dan menerima kelebihan anak lain.

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh