Peralatan tempur dasar menyambut MPASI

Sabar dulu sebelum borong isi baby shop siap-siap mau MPASI, semua memang lucu & menggemaskan.. tapi apakah harus semua punya? 😱😍

Kalau banyu gayanya minimalis, jadi punya yang basic aja. 😝

image

*kursi makan – harus ada, tapi gak wajib beli sih .. cari sewa atau pinjeman aja. Kalau mau beli, mungkin enakan bumbo seat karena kepake dari usia 4 bulanan sejak belajar duduk, ada tray-nya buat belajar makan, dan bisa dibawa kemana2. Karena idealisme saya kalau makan harus sambil duduk. Bumbo seat harganya 600 ribuan, ada yg mirip merk summer harga 400 ribuan.

*slaber – lebih enak yg bentuknya ada tadahnya untuk nampung makanan yg jatoh (termasuk yang disembur).

*sippy cups – banyu pake gelas bolong2 biasa beli di ikea, ga punya yang anti tumpah dengan segala inovasi terbaru yang harganya 100ribuan. Sekarang udah bisa jg kok minum ga tumpah. ✌🏻

*cup feeder – saya pakai u/ soup yg gak encer, misalnya corn soup. Atau juice kental misalnya anggur. kelamaan soalnya kl disendokin. Itu juga cup feeder lama yg biasa buat ASIP 🙊

*sendok  – yg standar aja (datar untuk nasi biar gampang hap, agak cekung untuk yg agak berair), ga punya yang ajaib berubah2 warna kl kena suhu. Mahal.

*mangkok, piring – ga usah banyak krn yg dipake cuma 1 bs langsung dicuci sebelum waktu makan selanjutnya.

*grinder munchkin – best buy banget, udah ga perlu ulekan, ga perlu saringan, g perlu repot. Harganya satu set sm food net dalam bentuk ‘fresh feeding set‘, antara 150-200ribu.

*food net munchkin – sangat berguna, bisa dimasukin apa aja buat latihan makan sendiri tp ga khawatir tersedak. Dan jadi gak perlu perasan jeruk yeaaaay karena jeruknya masukin aja situ biar digigitin sendiri sampai keluar sarinya. Gak jadi mahal kalau udah pake fresh feeding set, karena ga usah beli ulekan, saringan, perasan jeruk. Dan bisa dibawa kemana2.

*kukusan – yang kecil aja, makannya masih dikit banget. Banyu pake tupperware steam it, dua tumpuk harganya 136rb.

*slow juicer – gak wajib ini sih, soalnya lumayan mahal diatas 3 juta.. tapi seluruh keluarga bisa pake dan kepake sampe tua. Boleh lah kl mau investasi hidup sehat. Untuk banyu kepake banget buat bikin eskrim sendiri, jadi ga bosen dan ga craving dan ga ada alasan kerabat iseng ngasih eskrim pabrik.

*takahi slow cooker – memudahkan segalanya, tp banyu baru pake setelah 7 bulan.

*parutan – alternatif selain chop atau mince .. semua bs diparut (wortel, kentang, labu dsb) jd keluar dr takahi udah halus ga perlu grinding lagi. Ini jg ga beli baru, minjem parutan keju Romo.

*wet tissue food grade – buat ngelap apa aja, karena semua mau dimakan, dipegang, & dijatohin.

*cetakan es batu – untuk nyimpen kaldu di freezer.

*wadah kaca dengan tutup kedap

*ferrizz – jangan sampai lupa suplementasi zat besi

Yaampun ternyata udah dong cuma segitu doang, lancar melewati 2 bulan awal MPASI tanpa kekurangan suatu apa. Makin gede harusnya makin sederhana aja karena tekstur makin naik kan jelang table food.

Saran saya, pertimbangkan baik-baik yang mana harus dibeli dan yang mana bisa cari pinjam/sewa.. hindari perilaku hidup konsumtif khas emak-emak yang menginginkan semua barang lucu di dunia tapi lalu bingung diapain saat masa pakai sudah lewat. Barang-barang bayi ngegemesin ini kepakenya sebentar-sebentar banget deh beneran.

😘😘😘

wassalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s